Nasihat Sirr

Nasihat Sirr

حَدَّثَنَا أَبُو الْمُغِيرَةِ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ حَدَّثَنِي شُرَيْحُ بْنُ عُبَيْدٍ الْحَضْرَمِيُّ وَغَيْرُهُ قَالَ جَلَدَ عِيَاضُ بْنُ غَنْمٍ صَاحِبَ دَارِيَا حِينَ فُتِحَتْ فَأَغْلَظَ لَهُ هِشَامُ بْنُ حَكِيمٍ الْقَوْلَ حَتَّى غَضِبَ عِيَاضٌ ثُمَّ مَكَثَ لَيَالِيَ فَأَتَاهُ هِشَامُ بْنُ حَكِيمٍ فَاعْتَذَرَ إِلَيْهِ ثُمَّ قَالَ هِشَامٌ لِعِيَاضٍ أَلَمْ تَسْمَعْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ مِنْ أَشَدِّ النَّاسِ عَذَابًا أَشَدَّهُمْ عَذَابًا فِي الدُّنْيَا لِلنَّاسِ فَقَالَ عِيَاضُ بْنُ غَنْمٍ يَا هِشَامُ بْنَ حَكِيمٍ قَدْ سَمِعْنَا مَا سَمِعْتَ وَرَأَيْنَا مَا رَأَيْتَ أَوَلَمْ تَسْمَعْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ أَرَادَ أَنْ يَنْصَحَ لِسُلْطَانٍ بِأَمْرٍ فَلَا يُبْدِ لَهُ عَلَانِيَةً وَلَكِنْ لِيَأْخُذْ بِيَدِهِ فَيَخْلُوَ بِهِ فَإِنْ قَبِلَ مِنْهُ فَذَاكَ وَإِلَّا كَانَ قَدْ أَدَّى الَّذِي عَلَيْهِ لَهُ وَإِنَّكَ يَا هِشَامُ لَأَنْتَ الْجَرِيءُ إِذْ تَجْتَرِئُ عَلَى سُلْطَانِ اللَّهِ فَهَلَّا خَشِيتَ أَنْ يَقْتُلَكَ السُّلْطَانُ فَتَكُونَ قَتِيلَ سُلْطَانِ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى

Abû al-Mughîrah memberitahu kami, Shafwân mmberitahu kami, Syurayh bin ‘Ubayd al-Hadhramî dan yang lain memberitahu saya, ia berkata: ‘Iyâdh bin Ghanam mencambuk penduduk Dariya ketika (negeri itu) ditaklukkan. Maka Hisyâm bin Hakîm berbicara kasar kepadanya sehingga membuat ‘Iyâdh marah kemudian mengurung diri selama beberapa malam. Lalu Hisyâm bin Hakîm mendatanginya dan memperingatkannya dengan keras. Kemudian Hisyâm berkata kepada ‘Iyâdh: “Tidakkah engkau mendengar Nabi shallâllâhu ‘alayhi wa sallam bersabda: ‘Sesungguhnya di antara manusia yang mendapat adzab yang paling keras adalah yang paling keras menimpakan adzab kepada manusia di dunia.’”. Kemudian berkatalah ‘Iyâdh bin Ghanam: “Wahai Hisyâm bin Hakîm, kami mendengar apa yang engkau dengar dan kami juga melihat apa yang engkau lihat. Bukankah engkau juga mendengar Rasûlullâh shallâllâhu ‘alayhi wa sallam bersabda: ‘Siapa saja yang ingin menasihati penguasa dengan suatu perkara, janganlah melakukannya secara terang-terangan, tetapi peganglah tangannya dan bersunyi-sunyilah dengannya. Apabila ia menerimanya, maka pahalanya untukmu. Apabila tidak, engkau telah menunaikan kewajiban kepadanya. Sesungguhnya engkau, wahai Hisyâm, adalah seorang pemberani. ’”

Hadis di atas adalah salah satu dasar yang digunakan sebagai argumentasi melarang menasihati penguasa secara terang-terangan. Namun, menurut Muhammad bin ‘Abdullah al-Mas’ari di dalam kitab Muhasabah al-Hukkam, hadis ini lemah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: