BACALAH ALQURAN

Nabi Muhammad Shalllâ Allâhu ‘alayhi wa Sallam dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahîh-nya, hadis nomor 1337, memerintahkan kaum Muslimin untuk membaca Alquran. Beliau bersabda:
اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ
Bacalah Alquran, karena sesungguhnya ia (Alquran) akan datang pada hari kiamat sebagai syafâ’at (penolong) bagi para sahabatnya.
(HR. Muslim)

Dalam hadis tersebut disebutkan pula anjuran untuk membaca al-Baqarah dan surat Âli ‘Imrân. Kedua surat ini dijuluki oleh Nabi sebagai zahrawain ‘dua mawar’. Hadis tersebut selengkapnya sebagai berikut:
اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ الْبَقَرَةَ وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ فَإِنَّهُمَا تَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ تُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ قَالَ مُعَاوِيَةُ بَلَغَنِي أَنَّ الْبَطَلَةَ السَّحَرَةُ (مسلم 1337)
Bacalah Alquran, karena sesungguhnya ia (Alquran) akan datang pada hari kiamat sebagai syafâ’at (penolong) bagi para sahabatnya. Bacalah ‘dua mawar’, yaitu al-Baqarah dan surat Âli ‘Imrân, karena sesungguhnya keduanya akan datang pada hari kiamat seperti dua ghamâmah atau dua ghayâyah atau seperti sekumpulan burung yang berbaris yang akan membela para sahabatnya. Bacalah surat al-Baqarah, karena mengambilnya adalah keberkahan, meninggalkannya adalah penyesalan. Al-Bathalah tidak akan mampu terhadap surat al-Baqarah. Mu’âwiyah mengatakan: telah sampai kepadaku bahwasanya al-bathalah adalah para penyihir.

Imam al-Nawawî menjelaskan bahwa ghamâmah dan ghayâyah adalah dua kata yang memiliki satu arti, yaitu segala sesuatu yang menaungi manusia di atas kepalanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: